3 Cara Agar Burung Mau Makan Voer/Sentrat

        Voer/Sentrat merupakan makanan pokok bagi burung rawatan. Voer juga merupakan makanan yang penting karena mengandung beberapa zat dan vitamin agar burung sehat selalu. 


         Burung bakalan/Tangkapan yang makanan pokoknya di alam adalah serangga harus dilatih terlebih dahulu agar mau memakan voer.

      Melatih burung makan voer terbilang susah-susah gampang. Susah karena harus cermat memperhatikan burung sudah mau makan voer apa belum serta membutuhkan waktu, gampang karena teknik melatihnya mudah dilakukan.
        Bagi kawan-kawan yang belum tahu atau bingung bagaimana cara melatih burung agar mau memakan voer, ada beberapa teknik yang penulis kumpulkan dari beberapa pengalaman para kicaumania, simak cara berikut :

Teknik yang Pertama
        Campurkan UK (Ulat Kandang) dan Voer kedalam cepuk. Lalu aduk-aduk sedikit. Untuk jenis voer gunakan sesuai jenis burung kawan-kawan. Untuk jenis  burung kecil (Ciblek dll) gunakan voer yang halus, untuk burung sedang/besar gunakan voer yang berukuran besar.
Setelah itu pasang ke sangkar lalu tunggu sampai burung mau makan voer. Teknik ini membutuhkan waktu paling cepat 3 - 7 hari atau bahkan sebulan lebih. Untuk mengetahui burung sudah makan voer atau belum, bisa dilihat di kotorannya.

Teknik yang Kedua
         Gunakan UH (Ulat Hongkong) lalu gunting atau potong menjadi dua. Masukkan voer kedalam cepuk dan beri sedikit air, fungsinya agar voer dapat menempel ke UH. Lalu cocolkan UH ke dalam voer sampai voer menempel pada UH dan berikan langsung ke burung. Teknik ini menurut teman penulis terbilang ampuh dan cepat.

Teknik yang Ketiga
          Masukkan voer kedalam cepuk. Siapkan Kroto (sebaiknya gunakan kroto yang berukuran besar, atau gunakan telurnya) Peras kroto agar cairan kroto tercampur kedalam voer. Lalu aduk-aduk. Selanjutnya berikan beberapa kroto diatasnya dan setelah itu pasang ke sangkar.

       Saya sendiri terbiasa memakai teknik yang pertama untuk melatih burung-burung peliharaan saya, salah satunya ciblek sawah. Perlu waktu sekitar seminggu hingga ciblek saya mau memakan voer. Cukup singkat menurut saya. Lama proses pengevoeran juga bergantung pada kondisi burung dan perawatannya sehari-hari. Burung sikatan saya baru mau makan voer setelah 2 bulan lamanya. Karena kondisi burung yang kurang fit dan tidak banyak bergerak, sehingga nafsu makannya berkurang dan membuat proses pengevoeran bertambah lama.

Mungkin ini saja teknik cara agar burung mau makan voer. Bila ada kesalahan kata atau masih bingung bisa menulis langsung di komentar

#Tags : burung makan voer, voer, cara melatih burung ngevoer, cara agar burung mau makan vier

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "3 Cara Agar Burung Mau Makan Voer/Sentrat"

Post a Comment