Jenis-Jenis Keluarga Burung Prenjak Atau Ciblek

       Burung Prenjak atau didaerah lain dikenal juga dengan burung Ciblek merupakan jenis burung kecil di indonesia yang paling digemari banyak orang. Meskipun ukurannya yang sangat kecil, hanya 10-15 cm tapi jika dia berkicau suaranya tak kalah dengan burung besar bahkan sangat keras. Itulah mengapa banyak orang yang ngefans sekali dengan burung kecil ini.
             Burung ini suka sekali bermain atau bahkan membuat sarang di perkebunan, area persawahan, dan semak-semak yang tidak terlalu tinggi. Di indonesia banyak sekali jenis-jenis burung prenjak/ciblek ini. Bila masbro belum tau semua jenis burung kecil ini, simak saja berikut ini broo :

1. Prenjak Kepala Merah



Burung Prenjak Kepala Merah/Prenjak Atas/ Prenjak Tamu/Cemblek Cemplir ini merupakan jenis burung Prenjak yang paling banyak penggemarnya serta mempunyai suara yang khas "ciplek.. Ciplek..ciplek.." yang keras dan nyaring. Sedangkan untuk betina, suaranya ngetirr "tirr....". Burung ini mempunyai ciri khas yaitu kepalanya yang berwarna merah dan warna punggung coklat kegelapan. Untuk jantan dewasa mempunyai ciri yaitu dadanya berwarna hitam gelap sedang untuk betina dadanya berwarna putih terang.

2. Prenjak Lumut



Di daerah lain burung ini sering disebut Prenjak bawah/cemblek lumut dll. Karena burung ini suka sekali beterbangan dan hinggap di dahan yg rendah atau semak-semak yg rendah. Mungkin sekilas burung ini mirip dengan Prenjak Kepala Merah, namun perbedaannya berada di punggungnya yang berwarna hijau lumut.Untuk suara, burung jantan mempunyai suara mirip prenjak kepala merah. Sedangkan betina suaranya monoton " ciek ciek.." Untuk perbedaan jenis kelamin, burung jantan mempunyai dada yang gelap sedang betina mempunyai dada yang berwarna terang.

3. Prenjak Coki/Cinenen Merah



Burung ini juga hampir mirip dengan Prenjak KM dan juga mempunyai warna merah di kepalanya. Namun burung Prenjak Coki ini mempunyai warna abu-abu gelap di seluruh punggungnya, dan mempunyai warna putih di dadanya. Untuk suara, burung ini lebih bervariasi dan unik. Masbro bisa cek sendiri suaranya di Youtube.

4. Prenjak Sawah



Prenjak Sawah/Ciblek Sawah/Klik-Klik
Sesuai namanya, burung ini banyak terdapat di area persawahan juga perkebunan. Untuk ciri-cirinya burung ini mempunyai warna coklat di punggung hingga ekor, dan warna putih di dada.  Burung yang sering disebut Ciblek Sawah (Ciwah) ini mempunyai suara nembak rapat "klik...klik..klik.kreek..kreek". juga merupakan burung yang banyak digemari oleh para kicaumania sebagai masteran.

5.Prenjak Tebu



          Prenjak Tebu atau mungkin orang biasa menyebutnya meongan atau cilulung ini mempunyai ciri2 punggung berwarna gelap abu-abu, Dada berwarna putih dan  mempunyai warna kuning di bagian pantat atau sekitar alat kelamain burung. Suaranya juga sangat unik, dan kadang berkicau seperti suara anak kucing. Burung ini sering terdapat di area kebun tebu atau persawahan.

6. Prenjak Pagar

Prenjak Pagar/Prenjak Kebun mempunyai ciri-ciri punggung dan ekor berwarna gelap dengan corak berwarna putih, serta mempunyai dada berwarna putih dan warna kuning di sekitar alat kelamin. Burung ini mempunyai suara kicauan yang bervariatif dan dapat mengeluarkan tembakan rapatnya. Burung ini banyak dicari oleh para pengkicau dan mempunyai harga yang cukup mahal.

7. Prenjak Gunung



Prenjak Gunung/Ciblek Gunung/Keprek
Burung ini merupakan burung yang dianggap paling "mewah" oleh para kicaumania. Karena suara ngeroll/tembakannya yang khas seperti senjata bren. Burung ini mempunyai ciri-ciri warna punggung berwarna coklat agak kegelapan dan warna putih kekuningan dari dada hingga pantat. Harga burung ini untuk burung bahan (tangkapan alam)  lumayan mahal.

Sekian Jenis-Jenis Keluarga Burung Prenjak Atau Ciblek, bila masbro masih belum paham atau ada kesalahan jata di atas mohon tulis saja teguran di komentar. Silahkan bagikan artikel ini kepada yang membutuhkan masbro ! Salam Kicau !

Tags : jenis  prenjak di indonesia, ciblek, prenjak, prenjak kepala merah, jenis jenis ciblek, berbagai jenis burung prenjak, burung kecil di indonesia

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jenis-Jenis Keluarga Burung Prenjak Atau Ciblek"

Post a Comment